Sunday, January 8, 2012

Cara Mengakses Server Kantor Via BlackBerry


Bagi para Server Administrator yang biasa meng-akses server secara remote (khususnya server linux/UNIX) melalui CLI (Command Line Interface), pasti sudah familiar dengan koneksi menggunakan SSH (SecureSHell).

SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux/Unix.SSH terdiri dari dua aplikasi, pertama adalah SSH Server yang diinstall pada komputer server, dan kedua adalah SSH Client yang digunakan untuk me-remote server. Server yang akan diremote menggunakan SSH harus di install SSH server terlebih dulu agar bisa di akses melalui SSH client secara remote. Contoh SSH client untuk platform windows adalah PuTTY.

Untuk melakukan remote dari mana saja dan kapan saja tentu perlu tool/alatbantu yang memudahkan untuk melakukan itu, bisa aja melakukan remote dari sebuah notebook/netbook atau komputer tablet yang terkoneksi dengan internet, tapi gadget-gadget tersebut terasa agak kurang praktis bagi sebagian orang yang belum tentu selalu membawa gadget seperti itu kemana-mana setiap saat (termasuk saya sendiri :D ). Alternatif lain adalah menggunakan gadget yang lebih kecil (yang muat di kantongin :P ) seperti smartphone, salah satu platform smartphone yang sudah sangat banyak dimiliki saat ini adalah BlackBerry.

Dengan memanfaatkan SSH-client yang diinstall pada smartphone BlackBerry, maka kita dapat me-remote server kita darimana saja kapan saja, inilah yang dimaksud judul artikel ini “SSH Client dalam Genggaman”.

Jadi, bagi SysAdmin yang menggunakan BlackBerry, silahkan memanfaatkan kemudahan ini. :)
Yang perlu dilakukan adalah, di server yang akan di remote harus diinstall SSH server. Untuk meng-install SSH server di linux debian dan turunannya (ubuntu) adalah dengan command berikut ini pada terminal:

#sudo apt-get install openssh-server
dan untuk menjalankan servicenya adalah :

#sudo /etc/init.d/ssh start
sedangkan untuk menginstall SSH server di linux redhat dan keluarganya (CentOS, Fedora, Fusion, dll) sebagai berikut:

#yum -y install openssh-server

dan untuk menjalankan servicenya adalah :
 #service sshd start
#chkconfig sshd on
 
Secara default, SSH menggunakan port 22, namun untuk alasan keamanan jika ingin port default diganti dengan port lain, harus dilakukan perubahan pada file konfigurasinya yaitu pada /etc/ssh/sshd_config, edit file tersebut dengan file editor kemudian rubah angka 22 yang ada dalam text file tersebut, jangan lupa simpan perubahan tersebut kemudian setelah itu restart service SSH dengan command:

#/etc/init.d/ssh restart
atau
#service sshd restart

Sedangkan untuk server yang menggunakan sistem operasi windows,  perlu juga meng-install aplikasi SSH server. Salah satu software aplikasi SSH server yang gratis untuk windows adalah freeSSHd (http://www.freesshd.com) dan file installer nya bisa didownload disini. Cara instalasi freeSSHd tidak sulit, sama seperti menginstall software lainnya di sistem operasi windows, setelah download filenya, eksekusi/double-click file .exe nya kemudian ikuti panduannya sampai selesai. Atau bisa lihat artikel tentang cara instalasi SSH server pada windows server 2008 menggunakan freeSSHd disini

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan koneksi ke SSH server melalui SSH-client untuk BlackBerry. Ada beberapa software SSH-client untuk BlackBerry, pada artikel ini  pilihan saya yaitu software yang bernama MidpSSH.

1. Download MidpSSH dari handphone BlackBerry

Pada browser blackberry, buka alamat http://www.xk72.com/wap lalu klik pada pilihan ‘Latest Development Release (v1.7.3)’ seperti tampilan gambar sebelah kiri dibawah ini. Kemudian akan muncul beberapa pilihan download. Pilih BlackBerry Build OS 4.x seperti terlihat pada gambar sebelah kanan dibawah ini.



Ketika memilih download maka akan muncul peringatan bertuliskan “The application does not contain a signature. It might not be from a trusted source. Do you want to proceed?”. Pilih ‘Yes’. Kemudian download akan berjalan secara otomatis, seperti pada gambar berikut ini.


 

2. Install MidpSSH pada handphone BlackBerry

Setelah proses download selesai, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan ter-install dan akan muncul pemberitahuan bahwa aplikasi telah berhasil diinstall seperti pada gambar sebelah kiri dibawah ini. Klik ‘OK’, kemudian akan muncul icon MidpSSH pada layar home screensebagaimana terlihat pada gambar sebelah kanan dibawah ini.


 

3. Cara melakukan koneksi ke server menggunakan MidpSSH

Untuk melakukan koneksi klik icon MidpSSH lalu masukkan parameter yang diperlukan mengenai server yang akan di remote seperti gambar sebalh kiri dibawah ini.
Keterangan:
  • Alias – Nama koneksi.
  • Host – ip-address server.
  • Type: SSH, Telnet. (Pilih SSH)
  • Authentication: Kosongkan
  • Username: username untuk login ke server.
  • Password: password untuk login ke server.
  • Connection Type: Default, TCP/IP, BES, WiFi. (Pilih Default)
  •  


Saat sesi koneksi telah dibuat (lihat gambar sebelah kanan diatas), pilih sesi tersebut kemudian akan muncul pemberitahuan sebagai berikut “The application MidpSSH has attempted to access a low-level network connection. Would you like to allow this?.” Pilih “Yes” maka koneksi ke server akan tersambung.

 

4. Mengganti ukuran font, serta warna Background dan Foreground pada MidpSSH

Agar tampilan command line mudah terbaca, ukuran font bisa dirubah. Yaitu pada menu MidPSSH pilih -> Select Settings -> Select Fonts (lihat gambar sebelah kiri dibawah), kemudian pilih sesuai setting yang sesuai dengan yang dinginkan seperti yang terlihat pada gambar sebelah kanan dibawah ini.



Tampilan ketika telah terkoneksi dengan server
Sekarang anda dapat mengakses dan mengendalikan server dari manapun melalui SSH-client pada BlackBerry anda, tapi tentunya server yang di akses melalui koneksi SSH harus mempunyai IP Public sehingga dapat diakses darimanapun melalui koneksi internet.

 

5. Melakukan remote ke server yang tidak memiliki IP Public

Jika server yang akan kita remote tidak menggunakan IP Public karena keterbatasan jumlah IP Public yang dimiliki oleh kantor kita (mungkin kantor hanya punya 1 IP Public saja untuk router internet gateway) sehingga server yang dikelola hanya menggunakan IP Private dalam jaringan LAN, maka tentunya server tersebut tidak dapat di akses menggunakan SSH-client secara langsung internet. Solusinya adalah dengan membuat koneksi VPN dari perangkat gadget/smartphone yang kita gunakan –dalam hal ini adalah BlackBerry– agar BlackBerry tersebut dapat menggunakan IP Private yang sesuai subnet LAN kantor kita sehingga bisa mengakses IP Private milik server yang ingin di remote.

untuk dapat melakukan itu maka kantor kita harus mempunyai VPN server yang menggunakan IP Public, misalkan dengan mengaktifkan fungsi VPN server pada router internet gateway, dan membuat username dan password untuk login ke VPN server tersebut dari VPN client yang berada di luar kantor.
Cara membuat profile koneksi VPN dari BlackBerry adalah :


  • Pada menu options, pilih Security Options.

  • Kemudian pilih VPN.

  • Lalu pilih VPN profile.

  • pilih Menu -> Edit

  • Pada kotak user name, isi dengan user name untuk login ke VPN server.

  • Pada kotak password, isi dengan password untuk login ke VPN server.

  • Pilih Menu lagi.

  • Pilih Save.


  • Ketika ingin mengkoneksikan BlackBerry dengan VPN server maka tinggal melakukan mengaktifkan profile VPN yang telah dibuat dengan langkah-langkah yang disebutkan diatas. Setelah koneksi VPN terbentuk, baru aktifkan SSH-client (MidpSSH) dan masukkan IP Private server yang ingin di remote.

    Sumber : http://naufal.assagaf.com

    0 comments:

    Post a Comment