Sunday, January 8, 2012

Cara Mengakses Server Kantor Via Android


Sebagaimana pada smartphone BlackBerry, kita juga bisa melakukan remote server melalui SSH dari android dengan menggunakan ConnectBot yang merupakan terminal emulator sebagai SSH Client GRATIS untuk platform android.


Dengan memanfaatkan ConnectBot yang telah diinstall pada smartphone Android.
Yang perlu dilakukan pada smartphone android adalah tinggal di install ConnectBot, download secara gratis dari Apps Market, bisa di cari dengan kata kunci “connectbot”.
Berikut ini tampilan ConnectBot pada layar si robot hijau.


Icon ConnectBot pada halaman menu utama
Untuk melakukan koneksi SSH ke server, pilih icon ConnectBot, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Masukkan ip-address server yang akan di remote.

Login to Server

Login ke server dari ConnectBot
Setelah terkoneksi dengan server, maka akan muncul permintaan password seperti gambar dibawah ini.

Authentication

Permintaan Password saat Autentikasi
Setelah proses autentikasi selesai dengan benar, maka koneksi dengan server akan tersambung dan command line siap digunakan.

Connection Established

Koneksi ke server melalui SSH sudah terbentuk

Sekarang kita dapat mengendalikan server dari genggaman kapanpun dan dimanapun, tentunya selama ada koneksi internet dan server yang ingin di remote memiliki IP Public.
Tapi jika server yang ingin di remote tidak menggunakan IP Public dan hanya menggunakan IP Private dalam LAN kantor, maka android yang kita gunakan harus membuat koneksi VPN (Virtual Private Network) dulu agar bisa berkomunikasi dengan IP Private yang ada dalam LAN kantor.

Untuk melakukan koneksi VPN dari android bisa menggunakan VPN client bawaan android, ataupun VPN client yang bisa di download gratis dari android market.

Jika menggunakan VPN client yang sudah ada pada android, caranya adalah:
1. masuk ke menu setting


2. pilih Wireless and network


3. pilih VPN settings


4. pilik type VPN, penulis menggunakan type PPTP VPN, maka pilih Add PPTP VPN


5. Masukkan nama koneksi VPN pada pilihan VPN name (namanya terserah kita, misalkan test-vpn) dan supaya koneksinya aman  jangan lupa centang/tandai pilihan Enable Encryption.


6. Masukkan IP Address VPN server pada pilihan Set VPN server


7. jjika sudah maka kembali ke menu VPN settings, disitu akan ada nama koneksi VPN yang tadi dibuat.


8. Pilih nama koneksi vpn tersebut, jika tulisan dibawah nama sudah terbaca connected berarti koneksi VPN telah tersambung. Untuk memutus koneksi VPN tersebut, pilih kembali nama VPN yang connected itu.


Jika koneksi VPN telah tersambung maka tinggal melakukan koneksi SSH mwnggunakan ConnectBot ke ip private milik server yang akan di remote.

Sumber : http://naufal.assagaf.com

0 comments:

Post a Comment