Wednesday, October 12, 2011

Membeli dan Memperbaiki Mobil Bekas

Sekarang ini membeli mobil bekas perlu memperhatikan banyak segi. Jangan sampai Anda ditipu membeli mobil yang ternyata bekas tabrakan atau memiliki kekurangan-kekurangan lainnya. Yang pertama harus diperiksa adalah kondisi body mobil, caranya dengan melihat sudut-sudut terutama bagian kap mesin, bagasi belakang, dan tiang penyangga pintu. Mobil yang pernah mengalami tabrakan tidak akan memiliki bentuk lipatan sempurna, sebab sehebat-hebatnya montir yang memperbaiki, sulit untuk bisa menyamai bentuk orisinilnya. Sementara untuk memeriksa apakah warna mobil tersebut masih asli, tinggal lihat bagian pinggir karet pintu atau kaca. Jangan lupa juga untuk meneliti kelengkapan surat-surat, supaya kelak tidak menemukan masalah dengan aparat hukum. Bila sudah mendapat mobil bekas yang Anda inginkan, kini langkah selanjutnya adalah mempercantik kendaraan tersebut supaya tidak kalah dengan yang baru.

Caranya? Bawa saja ke salon-salon mobil terdekat, atau simak tips berikut ini.Salah satu penyakit mobil lama (kecuali pemilik sebelumnya telaten) adalah bagian dalam mobil yang kotor. Untuk membersihkannya, terutama bagian jok dan karpet, gunakan vacuum-cleaner. Untuk bahan yang terbuat dari kulit, gunakan shampoo bayi yang lembut, kemudian bersihkan secara perlahan jok tersebut dengan menggunakan spons dan air hangat. Untuk bagian karpet, Anda harus cermati apakah bagian tersebut lembab atau tidak. Bila jawabannya YA, berarti bagian tersebut harus dibongkar untuk diperiksa peredamnya. Untuk bahan yang terbuat dari wol, seandainya basah maka disarankan untuk mengganti dengan yang baru. Bila tidak, tinggal jemur sampai kering. Pada bagian plafon, gunakan semprotan yang dijual khusus untuk mengangkat noda yang menempel, kemudian dilap dengan bersih. Lakukan proses ini beberapa kali supaya mendapat hasil yang maksimal.

Langkah berikutnya adalah membersihkan bagian body mobil. Untuk bagian sela-sela pintu, gunakan sikat pembersih untuk mengangkat kotoran yang menempel. Bila ingin bagian dashboard mengkilap, gunakan semir dari bahan khusus yang tidak lengket dan dapat membuatnya terlihat seperti baru lagi. Gunakan bubuk yang biasa digunakan salon mobil khusus untuk membersihkan kaca mobil untuk mendapat hasil sempurna. Taktik yang sama bisa digunakan untuk membersihkan blok mesin mobil supaya terlihat seperti baru. Gunakan sabun atau pembersih khusus, bahkan kalau perlu Anda bisa menggunakan semir untuk bagian ini yang dijual di toko-toko.Yang sedikit sulit adalah memoles bagian body luar mobil supaya mengkilap. Selain harus menggunakan shampoo khusus mobil, Anda juga perlu mempunyai alat pembersih yang kini sudah dijual bebas di toko-toko. Harganya mungkin sedikit mahal, tapi, bukankah untuk mendapat hasil maksimal perlu sedikit pengorbanan. Siapa tahu, kelak malah Anda yang membuka salon mobil sendiri…


(Sumber diambil dari : http://forum.dudung.net)

0 comments:

Post a Comment